Profil

Nama saya Jeky Sitopu
asal dari pematang raya kabupaten simalungun

Adventure

TINUKTUK MAKANAN KHAS SUKU SIMALUNGUN



Makanan khas Simalungun
“Tinuktuk”
Oleh : Jeki Sitopu

            Setiap daerah di Indonesia dari berbagai suku suku yang ada pasti memiliki keunikan atau ciri khas tertentu. Mulai dari kesenian, pakaian adat, adat istiadat dan kuliner. Sehingga ketika kita munkin berkunjung ke suatu tempat pasti kita menemukan yang khas dari daerah yang kita kunjungi tersebut. Salah satu yang mungkin akan kita cari adalah kulinernya, yang bias saja untuk konsumsi, atau di bawa sebagai buah tangan kepada keluarga.
            Ketikan kita berkunjung ke Kabupaten Simalungun, apa saja kulinar yang akan kita temui? Mungkin anda akan menyebut Dayok Nabinatur, Nitak, hinasumba, labar, lomang daging  dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda kalau sebenarnya ada sebuah kuliner yang cocok sebagai maknan pendamping ketika mengkonsumsi makanan makanan yang telah kita sebutkan diatas yaitu Tinuktuk. Bagi anda yang tinggal di kota atau telah terlahir di kota mungkin tidak mengenal apa sebenarnya Tinuktuk tersebut. Tiniktuk merupakan makanan pendamping yang terbuat dari rempah rempah alami yang rasanya pedas layaknya sambal. Namun dibalik rasa pedasnya ternyata Tinuktuk mengandung banyak manfaat bagi tubuh apabila mengkonsumsinya.
            Tinuktuk terbuat dari rempah rempah pilihan dan tentunya alami tanpa ada campuran proses kimiawi. Komposisi inti dari Tunuktuk tersebut terbuat dari kombinasi bahan-bahan dibawah ini dengan takaran-takaran tertentu.



1.      Poge gerger (jahe merah),
2.      Sangge-sange (serai),
3.      Hasohor (Kencur),
4.      Gambiri (Kemiri),
5.      Hosaya (bawang batak),
6.      Bawang merah
7.      Bawang putih
8.      Andaliman
9.      Lada hitam
10.   Dll
Dari bahan-bahan yang telah diuraikan diatas kita dapat mengetahui manfaatnya satu persatu bagi kesehatan tubuh kita. Apabila anda kurang tahu apa kandungan dan manfaat dari setiap bahan tersebut, anda dapat cari sendiri di mesin pencarian google, semua telah tersedia dan jelas di paparkan satu persatu. “jangan malas baca hehehehehe!!!”
Rempah-rempah yang telah di sediakan diatas di proses dengan cara di tumbuk (Manduda)  sampai halus dengan menggunakan lesung batu. Tanpa menggunakan alat berupa mesin, untuk mendapatkan sensasi rasa yang sangat tajam dan tentunya enak di lidah.
Cara mengkonsumsinya juga terbilang cukup mudah, dan yang membuat tinuktuk ini praktis yaitu dapat di konsumsi langsung dan dibuat sebagai makanan pendamping, misalnya saat makan dicampur dengan nasi dan ikan. Dikalangan orang tua yang pernah penulis lihat di suatu desa, mereka cukup mencampurnya dengan teh kemudian diminum dan sensasinya seperti meminum segelas jamu. Bahkan ada juga yang memixnya dengan susu. Banyak cara kreasi untuk menikmatu Tinuktuk ini. Bagi anda yang suka mengkonsusmsi mie instan, tinuktuk ini sangat cocok di campurkan tanpa harus memakai lagi bumbu yang telah tersedia dalam kemasan cepat saji.
Selain sebagai menambah nafsu makan, Dengan mengkonsumsi kuliner ini maka anda akan mendapatkan banyak kasiat bagi tubuh anda. Salah satunya membuat badan fit, apalgi bagi anda yang sering kelelahan akibat bekerja. Selain itu menghangatkan badan khusus yang tinggal di daerah tinggi yang bersuhu dingin, mengkonsumsi Tinuktuk ini sangat cocok.  Bagi yang susah tidur nyenyak, mengkonsumsi Tinuktuk juga membantu anda nyenyak tidur malan karena peredaran darah lancer akibat mengkonsumsi Tinuktuk ini.



Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :


three columns

cars

grids

health